Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Provinsi Jambi Rahmad Hidayat, S.Sos. M.Si menyambut langsung kedatangan Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Ahmad Taufiq Helmi S.P., M.Sos C.Med dan didampingi oleh Koordiantor Bidang Kelembagaan dan Penguatan Partisipasi Publik Siti Masnidar, SE., C.Med, Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Zamharir, S.HI., MH., C.Med bersama tim teknis dalam rangka Presentasi dan Visitasi Keterbukaan Informasi Badan Publik. Hal ini bertujuan untuk menilai sejauh mana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi memenuhi standar keterbukaan informasi publik dengan SAQ (Self Assesment Questionnaire) yang telah diisi, bertempat di ruang pelayanan terpadu Satpol PP, Selasa (08/10/2024).
Adapun badan publik yang masuk dalam presentasi dan visitasi adalah badan publik yang dengan nilai SAQ diatas 60. "Ada 16 OPD Provinsi Jambi yang diatas 60, termasuk satpol pp dan Damkar Provins Jambi"Ujar A.Taufiq. Selanjutnya dikatakan bahwa nilai satpol pp dan damkar provinsi jambi adalah 99. " ada 4 (empat) OPD yang mencapai nilai 99 termasuk satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi. Lanjut A. Taufiq.
Dalam presentasi yang disampaikan oleh Kasat Pol PP Rahmad Hidayat, S.Sos. M.Si dijelaskan bahwa PPID satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi akan terus meningkatkan saran dan prasarana serta sumber daya pelayanan publik, dan mengembangkan pelayanan publik melalui teknologi serta sesuai motto PPID Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi yakni Memberikan pelayanan dengan ramah, mudah, tepat, dan akurat. pada kesempatan tersebut Kasat Pol PP juga menunjukan Web Satpol pp dan Damkar Provinsi Jambi dan juga menunjukan Web Bidang Pengendalian Kebakaran sekaligus juga menyoroti inovasi untuk strategi pengembangan informasi publik dalam aplikasi SIPENKAR (Sistem Pencegahan Kebakaran) Provinsi Jambi kepada rombongan Komisi Informasi.
Dijelaskan Kasat bahwa Ruangan Pelayanan terpadu merupakan Media Center, termasuk juga ruang PPID Pelaksana dan Ruang bagi masyarakat untuk melapor. Pelayanan diruang ini buka setiap Senin sampai Jum'at setiap jam Kerja. Dari beberapa visitasi ke opd provinsi lain, untuk ruang ppid satpol pp provinsi jambi sudah termasuk Bagus". Ujar A Taufiq.
Sementara itu Sekretaris Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi Dr. Sabri Yanto, SH. MH, C.med yang juga hadir dalam visitasi Komisi Informasi Provinsi Jambi,menjelaskan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) bagi pengelola PPID akan terus ditingkatkan. "untuk mendukung perkembangan PPID, kedepan akan diajukan anggaran pengembangan kapasitas atau pelatihan bagi admin PPID dalam anggaran perubahan ini". Ujar Sabri Yanto (admin)